Jurnalis Sinjai Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Digital

Pelatihan bagi guru dan siswa se-Kabupaten Sinjai 1
Pelatihan bagi guru dan siswa se-Kabupaten Sinjai
Jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Peduli Sinjai (JPS) menggelar pelatihan bagi guru dan siswa se-Kabupaten Sinjai, khususnya institusi pendidikan dalam lingkup Kementerian Agama Kabupaten Sinjai (Sabtu, 23/12/2017).

Dalam sambutan ketua Jurnalis Peduli Sinjai, Syamsul Bahri mengatakan bahwa pelatihan jurnalistik dan literasi ini digelar untuk memberikan pemahaman yang baik soal dunia jurnalistik khususnya menulis dan interaksi positif terhadap jurnalis sebagai bagian dari dunia literasi.

Lebih jauh, Syamsul Bahri mengajak semua peserta untuk membangun kemitraan yang baik dalam penyebaran informasi yang edukatif. "Ini kita harapkan juga sebagai langkah protektif terhadap aktifitas media sosial berkontain porno dan sarkastik," paparnya.
Syamsul Bahri - Pelatihan bagi guru dan siswa se-Kabupaten Sinjai

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sinjai yang juga ketua Pokja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) H. Mudarak Dahlan mengajak guru dan siswa madrasah yang hadir agar lebih bijaksana dalam memanfaatkan media sosial. Dirinya mengaku khawatir dengan dengan situasi dan perilaku masyarakat dalam memanfaatkan media sosial. "Tiba-tiba di masa sekarang banyak potografer dan mengupload apa saja ke media sosial. Termasuk hal-hal yang melanggar aturan norma sosial. Ini tentu sangat berbahaya," kata Mudarak.
Pelatihan bagi guru dan siswa se-Kabupaten Sinjai 2

Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Digital ini juga dihadiri anggota JPS sebagai narasumber di antaranya; Zainal Abidin Ridwan Pembina JPS, Andi Rahmat dari TV One, dan Muh. Salih Mustang dari Kompas TV. Sementara itu untuk penggiat Literasi dihadiri oleh Andhika Mappasomba Daeng Mammangka dari Keluarga Literasi Indonesia Makassar.
Pelatihan bagi guru dan siswa se-Kabupaten Sinjai 3